w Mempercantik Tampilan Terminal Ubuntu | My - Network
Home » » Mempercantik Tampilan Terminal Ubuntu

Mempercantik Tampilan Terminal Ubuntu

Written By Unknown on Rabu, 19 Maret 2014 | 08.09

Mempercantik Tampilan Terminal Ubuntu

Selamat malam sobat ! kali ini ane akan posting tentang Memperindah Tampilan Terminal Pada Ubuntu.  Pada dasarnya ubuntu merupakan OS (Operating System) Open Source yang bisa kita ubuah kita oprek sesuka hati, termasuk terminal pada Ubuntu. Terdapat beberapa cara untuk memperindah tampilan terminal pada ubuntu kita diantaranya dengan cowsay atau figlet. Kita tidak perlu menambahkan repo karena,  ketika kita update ubuntu sudah ada packet untuk memasang cowsay dan figlet. Untuk menginstall terlebih dulu update kemudian setelah usai update gunakan perintah untuk menginstall figlet "sudo apt-get install figlet" sedangkan untuk install cowsay menggunakan perintah "sudo apt-get install fortune cowsay". 

Setelah semua installasi selesai langkah selanjutnya masuk terminal lalu edit pada file .bashrc "gedit .bashrc" perlu diingat masukkan pada baris paling akhir. Untuk memasang figletnya kita tinggal menambah figlet -f jenis figlet yang ingin dipakai "Tulisan yang ingin dibuat . Untuk mencari direktori jenis figlet yang bisa digunakan, anda bisa melihat pada direktori /usr/share/figlet/ contoh "figlet -f shadow "Welcome Back". Sedangkan untuk memasang cowsay masih sama dengan ketika kita memasang figlet, buka file .bashrc lalu masukkan pada baris terakhir yakni dengan "cowsay -f jenis yang ingin digunakan "kalimat",  contohnya 'cowsay -f moose "Hai" '. Untuk melihat jenis cowsay yang ingin dipakai kita bisa melihat pada direktori /usr/share/cowsay/cows/. Oke jika sudah kita akan melihat contoh dari modifikasi terminalnya

Oke itu adalah contoh dari penggunaan figlet dan cowsay untuk Memperindah Tampilan Terminal Pada Ubuntu. Mungkin cukup untuk postingan kali ini semoga bermanfaat ya sobat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts